Lasem Senin 5 Nopember 2018  pukul 10.00 s/d 13.30 wib bertempat di Gedung Peetemuan Desa Soditan kec.Lasem Kab. Rembang, telah berlangsung paparan  Dinamika pemerintahan,  Pembangunan,  Kemasyarakatan dan Forum Audiensi tentang Program DBHCHT tahun 2018 Kec. Lasem  Kab. Rembang.di hadiri kurang lebih 250 orang.

Hadir dalam acara antara lain :

  1. Bupati Rembang Bp. H.ABDUL HAFIDZ.
  2. Wakil Bupati Rembang Bp. BAYU ANDRIYANTO, SE.
  3. Kepala SKPD Kab. Rembang.
  4. Ibu Ketua dan Wakil ketua Penggerak PKK Kab.Rembang

5.Forkompincam Lasem

  1. Dinas Instansi/ KUPT Kec. Lasem.
  2. Kepala Desa Sekec . LASEM
  3. Perwakilan perangkat Se-kec. Lasem
  4. Ketua BPD dan perwakilan lembaga Desa Kec. Lasem
  5. Perwakilan Toga, tomas dan toda Kec lasem
  6. Perwakilan petani tembakau se Kec. Lasem

Adapun Susunan acara dilaporkan sbb :

  1. Pembukaan.
  2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya.
  3. Doa oleh kepala KUA Kec.Lasem Bapak Subkhan, S.Ag

Sambutan Camat Lasem H.Harjono menyampaikan al :

a) .Mengucapkan selamat datang kepada bapak Bupati dan Wakil Bupati Rembang serta segenap tamu undangan yg sudah hadir dalam acara dinamika pemerintahan pembangunan kemasyarakatan dan Forum Audiensi tentang Program DBHCHT tahun 2018 Kec. Lasem Rembang.

b) .Mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidyahnya serta shalawat serta salam kpd Nabi Muhammad SAW.

c) ‎.Keberhasilan Kecamatan Lasem bekerjasama dengan elemen masyarakat dan dinas terkait telah berhasil menutup tempat lokalisasi yang ada didesa Dorokandang dan kerja bakti bersama instansi terkait setiap hari jum’at,dapat menciptakan Lasem yang bresih untuk membuka destinasi wisata di Lasem sehingga Merajut kota tua potensi wisatanya  dan ibarat Lasem boneka yang cantik setelah dipoles dan Alkhamdulillah saat sudah dilirik pengembangan wisata.

d)..Lasem dibagi 3 desa yaitu swadaya,swasembada dan swakelola dengan tujuan untuk pembagian skala pembangunan didesa sesuai pemetaan wilayah.

e)..Pengisian kekosongan perangkat desa 3:desa yaitu Bonang,Sriombo,Tasiksono sudah terisi semua,Alkhamdulillah selama proses tidak ada masalah.

f)..Mengenai bpbd Lasem mencapai 80 persen belum bisa 100 persen,untuk alokasi dana desa sudah sesuai alokasi yaitu infrastruktur dan kesejahteraan perangkat desa,dan trima kasih pada Forkopimca kusus babinsa dan babinkamtibmas yang sudah  sinergi dengan pemerintah desa untuk pencapaian pembangunan didesa.

g)..Lasem dikenal cinta damai ada isu dipulangkan santri karena air dan terpasang spanduk Lasem kota santri bukan tiongkok kecil,namun berkat kerjasama Forkopimca bisa diselesaikan semua dengan jalan damai.

h)..Mengenai program rastra diLasem bisa teratasi semua biarpun dimasing-masing desa terselesaikan dengan baik tidak ada masalah.

Sambutan Wakil Bupati Rembang Bp. BAYU ANDRIYANTO, SE antara lain :

a). Mengucapkan terima kasih kpd segenap para tamu undangan yg sudah hadir dlm kegiatan ini.

b). Mengucapkan selamat atas beberapa prestasi yg didapat oleh desa di wilayah Kec. Lasem Kab. Rembang.

c).Kita diLasem  ini pertama dilaksanakan dinamika pembangunan bagi cukai,dan masalah pembangunan di Rembang yaitu melibatkan beberapa elemen dari desa,Kecamatan sehingga mengrucut ke tingkat Kabupaten.

d).Data kemiskinan yang ada di Rembang sesuai data bps tahun 2015 tentunya ada banyak perubahan dan ada yang salah sasaran,ada yang kaya dapat bantuan.adanya kejadian itu mari kita bahas dan data ulang biar program rastra tepat sasaran.

e).Hari ini tidak dalam siapa yang merasa benar namun hari ini duduk bersama bagaimana yang benar,tepat mana yang kita terapkan.

f).Kondisi Lasem dan Lasem merupakan edentitas Rembang sebagai batiknya dan dalam waktu dekat,Lasem akan kedangan warga keturunan untuk melihat Lasem,dan kita siapkan mulai saat ini.

g).Setiap ada masalah perbedaan pandangan,pendapat tentang Lasem kota santri dan tiongkok kecil saya yakin sudah terselesaikan dengan baik,karena Lasem cinta damai,hidup rukun.mau apa namanya yang penting tidak ada permasalahan.

h).Mari kita berbenah terus untuk menata bantuan sampai kemasyarakat dan membangun demi kemajuan Rembang yang madani. untuk keluarga yang ikut mendaftar cpns mendapat keberhasilan.

  1. Penyerahan penghargaan oleh Bupati Rembang kepada Kepala Desa Berprestasi yaitu Kepala Desa Tasiksono Bpk Sutarno dan Ketua BPD Ds.Tasiksono Bapak Bandi Prayitno
  2. Sambutan Bupati Rembang Bp. H. ABDUL HAFIDZ,S.Pd.I, antara lain :

a). Alkhamdulillah pagi ini bisa ketemu dalam dinamika pembangunan dan tadi banyak disampaikan pak Camat Lasem yaitu ada letupan kecil bisa terselesaikan dengan baik atas kerja keras Camat dan Forkopimca dan elemen masyarakat.

b).Lasem sejak dulu terkenal kota santri dan kota kuno baik arabnya maupun cinanya,untuk itu kedepan kita canangkan Lasem kota pusaka dan toleran.

c).Dalam setiap giat program pembangunan kita evaluasi yang melibatkan beberapa unsur didesa selama tahun 2018,pada saat ini mana yang perlu kita evaluasi bersama-sama.

d).Kami tidak bangga program apa yang sudah kita kerjakan tapi kami lebih bangga masyarakat ikut mengevaluasi tentang program tsb.

e).Pembangunan infrastruktur jalan diLasem tinggal sedikit yaitu jln.Kajar dan Sendangasri.untuk program pendidikan sangat maju,program wisatanya Lasem terkenal batiknya,bangunan tua,susur sungai dan destinasi wisata lainya.

f).Kedatangan turis ke Lasem tujuanya sebagai turis bukan tujuan lain,misinya hanya turis hanya ingin tahu pariwisata di Rembang dan Lasem,apalagi rencana Presiden akan datang ke Lasem dan Sarang tgl.14 Nop 2018.

g).Kedatangan Bp.presiden ke Lasem jangan ada isu kedatangan beliau membawa uang 30 m untuk kepentingan kelompok tertentu,isu itu tidak benar.

h).Program yang akan datang pembangunan ruko yang ada di Alun-alun Lasem agar disosialisikan mulai saat ini kemasyarakat,karena pembangunan tsb kita mulai tahun 2019.mengenai pasar Rembang sangat kumuh,perlu perbaikan dan dipindah namun berbagai pendapat apalagi menjelang tahun politik,ada sekitar 1000 orang pedagang tidak mau pindah.

1i).Kita perlu berpikir untuk penataan kota Lasem semakin maju,dan menciptakan ekonomi Lasem semakin sejahtera,untuk itu kita bangun titik terang,titik temu sehingga tidak sempit,saat ini hanya di alun-alun Rembang saja.kita kembangkan kedaerah lainya.

J).Terakir Lasem harus dijaga kerukunanya,beda pilihan silahkan jangan lupa mengedepan kerukunan dan Lasem yang damai.

8.Sesi dialog:

a.pertanyaan 1.H.Mujib ketua paguyuban ruko alun-alun Lasem.

-Tahun 2019 alun-alun Lasem akan dikembangkan dan dibangunya penataan ruko-ruko,masyarakat mendengar hal ini sudah lama,dari kami hanya berharap untuk segera sosialisasikan ke masyarakat kusus para pemilik ruko.

2.Pertanyaan Kades Bonang Moh Hasan Bakri.

– Masalah destinasi wisata Bonang terkenal sebagai wisata relegi yang ada didesa Bonang,selama ini sudah berjalan,mohon agar dibangunanya tempat parkir.

b.Jawaban disampaikan ibu Yuni Dinbudparpora:

1.Penataan alun-alun Lasem sebagai prioritas dari kami akan selalu berkomunikasi dan bersosialisai kepada pemilik ruko.

c.Jawaban Bupaati Rembang :

– Mengenai wisata religi di Bonang,agar diketahui karena bonang itu milik yayasan,dari kami jangan sampai berbenturan dengan yayasan, kades agar mengkordinasikan dengan pengurus yayasan sehingga program tetap berjalan.

 

 

DINAMIKA PEMERINTAHAN PEMBANGUNAN

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.