Lasem Rabu 12 Desember 2018.

Desa Karasgede memanfaatkan adanya sampah untuk di kelola hingga terwujudnya
“BANG SAMPAH KARYA BAROKAH”
Sampah memang menjadi permasalahan yang tak ada habisnya dari waktu ke waktu, singkatnya dimana ada manusia hidup dan bertempat tinggal selama itu pula sampah akan terus ada.

Hal ini yang memotivasi masyarakat dan pemerintah desa karasgede kecamatan lasem untuk menagani permasalahan sampah didesanya,
Bersama masyarakat pemdes berupaya penuh dengan mendatangkan dinas lingkungan hidup untuk memberikan arahan kepada masyatakat akan bahaya sampah dan cara penanganannya.

Disini pemerintah desa membentuk sebuah kepengurusan bank sampah “KARYA BAROKAH”
yang di komando oleh pak masyhuri bersama masyarakat dengan proses nya yaitu jemput bola selama 2minggu sekali dan dicatat dikartu anggota
Kemudian di kumpulkan menjadi satu di gudang atau disekretareat ,setelah terkumpul sampah2 ini di pilah2 mana yang masuk sampah organik mana yang non organik.
Setiap 1-3 bulan sekali ketika sampah dirasa sudah menumpuk,
Dari pihak pengurus menghubungi pengepul untuk menjual sampah tersebut.

Dengan adanya pengelolaan sampah disini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena sampah yang dulunya dianggap masalah sekarang malah menjadi pundi pundi rupiah yang dimana menjadi pendapatan tambahan masyarakat desa.

Harapannya kedepan proses pengolahan sampah didesa karasgede menjadi maximal dengan dimasukkan ke dalam unit badan usaha milik desa ( BUMDES)
Sehingga nantinya bisa dianggarkan dari dana desa untuk pelatihan terutama dalam peningkatan pengelolaan sampah

Hal ini dengan maksud tujuan menambah pendapatan masyarakat,selain itu membuka lapangan pekerjaan baru sehingga mengurangi pengangguran di desa
Sehingga masyarakat desa karasgede menjadi makmur dan sejahtera.

Reporter: Edi Santoso

MANFAAT SAMPAH DI DESA KARASGEDE

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.