Pawai obor yang dilaksanakan di Desa Sriombo, Kecamatan Lasem pada tanggal 1 September 2019 adalah acara menyambut tahun baru hijriah 1441 H. Dalam acara tersebut sekitar 200 obor telah disediakan oleh karang taruna Desa Sriombo. Memang acara tersebut pertama kali dilakukan, akan tetapi antusiasme dari warga sangat luar biasa. Obor yang telah dibuat bahkan kurang karena begitu banyaknya warga yang mengikuti pawai tersebut. Start dimulai dari RT 01 Dk. Logading menuju Dk. Keben dan kembali lagi ke Masjid Al-Mubarok Desa Sriombo.

Acara pawai tersebut memang persiapannya sangat singkat, tetapi dengan semangat tinggi dapat berjalan dengan lancar dan meriah. Acara yang dicetus oleh beberapa anak dari karang taruna menginginkan agar warga Sriombo yang beragama Islam bangga dan dapat meriahkan tahun baru hijriah bukan hanya tahun baru masehi. Dalam kesempatan itu karang taruna mengundang bapak Camat Lasem Lato’iful Minan untuk membuka dan memberangkatkan pawai tersebut. dalam sambutannya bapak Camat Lasem berpesan agar acara seperti pawai obor dapat dialksanakan setiap tahun karena dapat memupuk persatuan dan kesatuan. “Alhamdulillah acara pawai penyambutan tahun¬† baru hijriah dapat dilaksanakan, dan semoga ditahun politik (PILKADES) warga tidak terpecah belah karena perbedaan pilihan, pilihan boleh berbeda tapi persatuan dan kesatuan harus tetap terjaga” ungkap Camat Lasem.

Setelah pawai obor selesai dilakukan, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan tahlil serta do’a. Tahlil yang dipimpin oleh KH Syuaib berlangsung khidmat. sebelum pembacaan tahlil KH Syuaib pun berpesan kepada generasi muda agar tetap kompak dalam mensyiarkan agama Islam. Yang tidak kalah menariknya pada malam itu dihibur oleh gambus religi Adhwa’ dari Rembang. Suasana pun berlangsung meriah, serta mampu menghibur pada warga yang hadir.

Ketua karang taruna Desa Sriombo Dedik Hervanto pun mengucapkan terimakasih kepada senua pemuda yang telah berpartisipasi aktif dalam acara tersebut. Dan berharap acara tersebut dapat dimeriahkan setiap tahun. agar tahun baru hijriah tidak kalah meriahnya dengan tahun baru masehi.

Dikutip dari : http://sriombo-rembang.desa.id/first/artikel/110

Pawai Obor Menyambut Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1441 H Desa Sriombo

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.