•Pencanangan Kampung Pancasila

Lasem Jum’at tanggal 27 Mei 2022 Jam 09.00 wib sd 11.00 wib di Ds. Karangturi Kec. Lasem telah dilaksanakan Kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila dengan Tema ” Rembang Merajut Keragaman dengan Pancasila.” Yang dihadiri kurang lebih 48 orang

B. Hadir dalam giat sbb:
1. Camat Lasem Abdur Rouf,S.STP., M.Si
2. Danrami Lasem Kapten Rasiyono
3. Kapolsek Lasem Iptu Arif Kristiawan, SH.,MH
4. Kasi Trantib Kec. Lasem Mastur.
5. Anggota Koramil Lasem
6. Anggota Polsek Lasem
7. Kepala desa karangturi Bp. Muhari
8. Anggota FKPPI
9. Tokoh Agama dan Masyarakat.

C. Susunan Acara Sbb:
1. Pembukaan
2. Menyanyikan lagu Indonesia raya
3. Sambutan-sambutan
4. Doa
5. Menyanyikan lagu Bagimu negeri
6. Peninjauan Pos Kamling Dk. Belik Ds. Karangturi.
7. Penutup

D. Sambutan-sambutan

*1. Kades Karangturi Bp. Muhari*

– Pada kesempatan ini saya sebagai Kepala Desa Karangturi mengucapkan selamat datang kepada bapak Camat dan Rombongan serta kepada para undangan yang menghadiri kegiatan ini.

– Sebagai Kepala Desa yang desanya dipilih “untuk dicanangkan sebagai kampung Pancasila kami sangat bangga dengan teriring doa dan harapan, Saya yakin dengan pencanangan Kampung Pancasila ini kampung ini akan menjadi contoh yang baik bahwa kita hidup berdampingan. Kalau kita rukun apapun bisa terwujud. Kalau kita tidak rukun toleransi kita tidak tinggi, tidak bisa hidup berdampingan apapun mau sehebat apapun tidak akan bisa terwujud.

– Pancasila sangat dalam artinya, oleh sebab itu, peresmian Kampung Pancasila ini bukan seremonial belaka, namun setiap hari dan seterusnya, kampung ini akan menjadi prioritas pembinaan khususnya bagi kami dan Koramil 06/Lasem, agar masyarakat kampung ini bagaimana bisa hidup berdampingan antar warga masyarakat yang berbeda agama, suku dan Ras.

*2. Danramil Lasem Kapten Rasiyono*

– Mari kita panjatkan puji syukur atas kenikmatan berupa kesehat sehingga kita dapat berkumpul dalam acara pencanangan Kampung Pancasila di Ds. Karangturi.

– Kami ucapkan terimakasih kepada tamu undangan yang telah bersedia hadir dan juga kepada kepala desa karangturi yang telah memberikan tempat dan mendukung Pencanangan Kampung Pancasila ini.

– Kami mendapatkan perintah dari kasat Angkatan Darat untuk pencanangan Pancasila, karena ini sangat perlu untuk menangkal budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya kita , kita gugah kembali kepada seluruh warga Indonesia.

– Harapan saya desa lain bisa mencontoh desa karangturi ini yang memiliki toleransi tinggi dan menjunjung nilai-nilai Pancasila, kalu jaman dulu masih ada pelajaran butir2 pancasila namun kalau sekarang sudah tidak ada, maka dari itu kita amalkan butir pancasila agar kita hidup rukun berdampingan antar suku,agama,ras dalam satu bangsa dan kita semakin baik dan maju.

*3. Kapolsek Lasem Iptu Arif Kristiawan, SH.,MH

– Puji syukur kita ucapkan Allah SWT katena telah diberikan nikmat kesehatan sehingga kita bisa berkumpul disini dalam rangka Pencanangan Kampung Pancasila Ds. Karangturi.

– Menyambung dari pak Danramil tadi mari kita canangkan kampung Pancasila di hati masing-masing, kalau kita lihat di negara lain ras cuma satu namun bisa pecah harusnya kan bisa bersatu namun di Indonesia walaupun banyak ras,suku,agama dan budaya namun tetap bersatu.

– jangan kita cari perbedaan namun jadikan berbedaan sebagai kekayaan keanekaragaman.

– tidak perlu kita ungkit dan bandingkan satu sama yang lain mari kita hidup rukun berdampingan , banyak negara yang ingin seperti kita bisa hidup rukun, mari kita terapkan Pancasila dalam kehidupan kita.

*4. Camat Lasem Abdur Rouf,S.STP ,M.Si*

– Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan Rahmat Taufik dan hidayah berupa kesehatan sehingga bisa berkumpul di sini dalam acara pencanangan Kampung Pancasila Ds. Karangturi.

– Bapak ibu semua mari kita samakan persepsi terapkan nilai nilai Pancasila dihati masing-masing, keragaman ini sudah menjadi kodrat dalam Islam pun sudah diajarkan semua memang sudah ditakdirkan berbeda kalau kita tidak memai kita bisa bentrok dan perang namun di Indonesia kita bisa memahami itu sehingga kita bisa hidup rukun damai dengan memahami nilai nilai Pancasila.

– Niat pemimpin kita dengan Pencanangan Kampung Pancasila ini agar kita mengingat kembali keagungan Pancasila,dikrangturi ini sudah terbentuk toleransi oleh karena itu dicanangkan sebagai kampung Pancasila dengan karangturi jadi kampung Pancasila bisa dicontoh oleh kampung lain.

– Saya pesan saat ini kita ada pembangunan kota pusaka mari kita ikut senang dan sengkuyung jarena bisa bermanfaat untuk kita nanti ada kemacetan sedikit, pergeseran pedagang mohon dimaklumi.

PENCANANGAN KAMPUNG PANCASILA DESA KARANGTURI

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.