Lasem Selasa 18 Januari 2022

Bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Lasem telah diadakan kegiatan donor darah oleh PMI Kabupaten Rembang,

Kasi Kesra Sriyati,SE mendampingi kegiatan tersebut sampai usai, Pendonor sangat antusias yang terdiri dari Pegawai Lingkup Kantor Kecamatan, Koramil, Kepolisian, instansi lainnya dan masyarakat umum, yang saat ini pendonor mencapai 49 orang.

Tahukah Anda bahwa setiap 8 detik, ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia dan setiap menitnya, ada 10 orang sekarang menanti donasi donor darah? Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2015, Indonesia kekurangan jumlah produksi darah secara nasional, yaitu sekitar 500 ribu kantong tiap tahunnya. Bisa jadi kesadaran masyarakat untuk menjadi pendonor sukarela masih rendah. Padahal, banyak sekali manfaat rutin donor darah bagi kesehatan pendonornya.

Mental Health Foundation menyebut, donor darah dapat mengurangi stres, meningkatkan persepsi terhadap keadaan emosional yang meliputi kepuasan hidup dan kebahagiaan hidup (emotional well-being), baik untuk kesehatan tubuh, membantu menyingkirkan perasaan negatif, menciptakan rasa saling memiliki dan mengurangi perasaan kesepian (isolation).

Lebih jauh lagi, penelitian pun membuktikan berbagai manfaat donor darah terhadap kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin (dengan jarak minimal 3 bulan).

DONOR DARAH DI LINGKUP KANTOR KECAMATAN LASEM

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.